PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI DAN CARA MENGOBATINYA

APA ITU KOLESTEROL ?

Kolesterol adalah zat yang berwarna putih seperti lilin yang terdapat di dindingsel darah. sebenarnya kolesterol sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel-sel baru agar tubuh tetap berfungsi secara normal. kolesterol juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

ada dua macam kolesterol yang ada dalam tubuh kita:

  1. Kolesterol baik (HDL),Yaitu  yang membawa kolesterol dari bagian-bagian sel dan kembali ke hati .Di dalam hati mereka menghancurkan kolesterol dari tubuh ,Lalu di keluarkan oleh tubuh melalui kotoran.

  2. Kolesterol buruk atau jahat (LDL) Yaitu yang menyebabkan penumpukan kolesterol dalam arteri atau pembuluh darah.Kolesterol ini akan mengendap pada dinding-dinding arteri apabila kolesterol tersebut melebihi dari yang di butuhkan oleh tubuh  dan dapat menyebabkan penyakit seperti jantung dan stroke.

PENYEBAB PENYAKIT KOLESTEROL

MENGKONSUMSI MAKANAN YANG MENGANDUNG KADAR LEMAK JENUH

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan seperti jeroan, otak hewan,  daging kambing,  santan, kulit ayam , susu dan seafood dapat menyebabkan kadar  kolesterol menjadi naik.

KURANG BEROLAHRAGA

Olahraga dapat membakar lemak yang ada pada tubuh sehingga kandungan kolesterol pada lemak akan ikut terbakar. Orang yang malas untuk berolahraga membuat peredaran darah menjadi beku sehingga rentan terkena penyakit kolesterol.

 OBESITAS

Orang yang berat badannya  berlebih biasanya rentan terhadap penyakit kolesterol karna semakin besar berat badan seseorang akan semakin besar pula lemak yang ada dalam tubuh. Apabila tidak di sertai dengan pola hidup sehat orang yang mengalami obesitas akan mudah terkena penyakit kolesterol.

MEROKOK DAN ALKOHOL

Selain menyebabkan penyakit seperti gangguan pernapasan, jantung, dan kanker, Merokok dan alkohol juga bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol pada tubuh. Sehingga orang yang merokok dan minum alkohol  rentan terserang penyakit kolesterol.

FAKTOR GENETIKA

Apabila dalam riwayat keluarga anda ada yang menderita penyakit kolesterol, Sebaiknya anda harus waspada karna  tinggiya  kadar kolesterol dalam tubuh juga dipengaruhi oleh faktor keturunan yang bisa menurunkan sifat genetik. Segera periksa ke dokter untuk meminimalisir terkena penyakit kolesterol akibat faktor genetik atau keturunan.

CIRI-CIRI DAN GEJALA PENYAKIT KOLESTEROL

MUDAH LELAH

Dampak dari Penyakit Kolesterol  tinggi di antaranya adalah  tubuh mudah  lelah , Karna terhambatnya saluran peredaran darah.Tubuh yang tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga kadar oksigen yang masuk sangat rendah akibat dari tersumbatnya aliran peredaran darah dan  oksigen ke tubuh karna tingginya kadar kolesterol jahat menyebabkan tubuh mudah lelah.

NYERI PADA BAGIA JANTUNG

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan menumpuknya lemak jahat di bagian arteri jantung sehingga aliran darah ke jantung  jadi tidak lancar dan menimbulkan rasa nyeri di bagian dada. Hal ini bisa menjadi idikasi munculnya gejala penyakit jantung.

SULIT BERNAFAS

Adanya penyempitan di bagian pembuluh darah akibat tingginya kadar kolesterol yang menyebabkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh terhambat karna jantung tidak mampu memompa darah dengan baik membuat saluran  pernapasan menjadi tidak nyaman.

SAKIT KEPALA

Rasa sakit di bagian kepala terjadi Akibat dari tingginya kadar kolesterol yang mana lemak jahat yang menumpuk menyebabkan tersumbatnya pasokan darah dan oksigen ke seluruh tubuh termasuk di bagian kepala.

SAKIT DI BAGIAN KAKI DAN TANGAN

Karna tingginya kadar kolesterol membuat peredaran darah ke kaki dan tangan menjadi tidak lancar sehingga kaki dan tangan sering merasakan kesemutan juga rasa nyeri.

NYERI DI BAGIAN LEHER DAN PUNDAK

Meningkatnya tekanan darah akibat dari tingginya kadar kolesterol berdampak pada pembuluh darah menjadi tersumbat termasuk yang mengarah ke bagian leher dan pundak yang mengakibatkan rasa kaku di bagian tersebut.

KEHILANGAN KESEIMBANGAN

Akibat dari tingginya kadar kolesterol yang menyebabkan adanya gangguan pada bagian saraf karna adanya penumpukan kadar lemak darah yang menyumbat peredaaran darah di bagian otak sangat berpengaruh pada keseimbangan.